Buku Pejuang Sosial


Judul buku       : Pejuang Sosial-Memoar Toni Jatnika
Penulis             : Tegar Rimbara
Tahun terbit      : 2019
Jumlah             : 130 halaman
Diterbitkan dan dicetak secara mandiri melalui swadaya bersama

Bercerita tentang Karang Taruna tidak akan ada habisnya, dimana kita selalu dihadapkan dengan berbagai macam permasalahan sosial yang ada di masyarakat untuk dicari jalan keluar nya. Karang Taruna merupakan mitra dari pemerintahan untuk membantu mengatasi permasalahan social, juga salah satu organisasi pemuda terbesar di Indonesia yang anggota nya terdiri dari umur 13-45 tahun. Karang Taruna adalah wadah pengembangan pemuda non partisan, yang tumbuh atas dasar kesadaran dan tanggung jawab sosial dari oleh dan untuk masyarakat khusus nya generasi muda di wilayah desa / kelurahan atau komunitas sederajat yang bergerak di bidang kesejahteraan sosial. Oleh karena itu setiap anggota Karang Taruna sering disebut sebagai Pejuang Sosial.
Disamping hal tersebut, stigma masyarakat tentang Karang Taruna masih terkesan kurang baik atau sering terdengar. Saat berbicara Karang Taruna yang terbesit hanya ada saat peringatan HUT RI saja. Meski dalam kesehariannya begitu banyak aktivitas social yang dilakoni oleh Karang Taruna, beberapa yang ditemui begitulah tanggapannya. Lain halnya dengan beribu orang diluar sana yang sudah menyadari bahwa karang taruna itu ada dan selalu ada dalam sendi kehidupan bermasyarakat.
Maka dari itu, diharapkan melalui buku ini semua stigma yang ada dimasyarakat tentang Karang Taruna dapat terbantahkan dan muncul stigma baru yang lebih enak untuk didengarkan sesuai dengan fakta yang ada dilapangan.
Berangkat dari kisah perjalanan beberapa pemuda di kota Bandung melalui ide-ide kreatifnya, menghasilkan pemecahan masalah yang patut ditiru oleh kita semua. Dengan semangat dan ketekunannya juga menghasilkan beberapa prestasi dan perubahan yang signifikan pada lingkungan social masyarakat. Pemecahan masalah melalui diskusi dua arah menjadi andalannya ketika dihadapi dengan berbagai problematika dalam menjalani kehidupan social bermasyarakat.
Buku Pejuang Sosial adalah implementasi nyata buku pertama Bangunlah Jiwanya yang hadir pada tahun 2014 silam. Dengan menghadirkan suasana yang berbeda, mengangkat langsung kisah nyata pengalaman Toni Jatnika beraktivitas di Karang Taruna, serta dengan menghadirkan beberapa tokoh Karang Taruna lainnya yang memiliki latar belakang dan aktivitas berbeda guna berperan besar dalam perubahan dimaysarakat.
Buku ini dihadirkan dengan beberapa narasumber menyenangkan yang bercerita bagaimana mereka menyelesaikan permaslahan yang ada dilingkunganya masing-masing. Semangat positif dan sikap pejuang social yang ditanamkan oleh mereka senantiasa bisa tertular kepada kita semua.

-ADITYA KARYA MAHATVAYODHA-


Comments

Popular posts from this blog

Corpus Studiosorum Bandungense CSB1920 bagian pertama

Memetik hikmah ditengah wabah - part III

Buku Bangunlah Jiwanya